Welcome To My Blog

Luigi - Busy

PENTINGNYA REBOISASI

Selasa, 29 April 2014


Reboisasi menurut saya adalah sebuah kata yang berarti besar untuk kehidupan di atas bumi ini. Dalam garis besar  Reboisasi bermakna penghijauan kembali hutan ataupun lahan kosong yang gundul. Kita pikir pada zaman seperti ini tumbuhan akan semakin lestari tapi tarnyata tidak, orang-orang sekarang bahkan sama sekali tidak peduli dengan lingkungan dan kelestarian alam.
Coba saja kita lihat di sekeliling kita, banyak sekali orang-orang yang tidak mempedulikan lingkungan sekitarnya, banyak contohnya yang dapat kita lihat sekarang ini. Tidak ada lagi orang-orang yang membiarkan hutan lestari, tapi mereka malah melakukan penebangan-penebangan liar secara berlebihan, tidak hanya mengakibatkan berkurangnya daerah resapan air, abrasi, dan bencana alam seperti erosi dan banjir tetapi juga mengakibatkan hilangnya pusat sirkulasi dan pembentukan gas karbondioksida dan oksigen yang di perlukan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Dan kemudian malah hasil hutanya di ekspor ke negara-negara lain. Apakah itu sebuah contoh yang baik untuk di tiru??
Seharusnya sebagai warga negara Indonesia kita merasa malu, karena Indonesia merupakan negara kawasan hutan terlebat di dunia. Miskinnya kepedulian dan kesadaran  terhadap lingkungan bagi orang-orang tersebut harus di tingkatkan secara khusus di zaman yang sedang gencarnya membicarakan tentang global warming, karena pendidikan lingkungan yang biasanya dilakukan sudah tidak mampu lagi untuk menyadarkan manusia-manusia serakah tersebut yang cenderung mengorbankan kepentingan orang banyak demi kepentingan pribadi dan keluarganya.Tapi, sekarang kenyataan yang dapat kita lihat berbeda drastis dengan apa yang di katakan sebelumnya.
Pada saat ini, sering kita lihat di televisi atau mungkin di sekitar kita fenomena banjir di mana-mana. Banjir yang terjadi ini bukanlah karena faktor alam semata,  tetapi karena ulah dan perilaku manusia sendiri. Kerusakan lingkungan alam dan atau kurangnya lingkungan  hijau dapat menjadi salah satu sebab terjadinya banjir. Tindakan reboisasi atau penghijauan juga dapat menjadi cara untuk mencegah banjir. Sebagian orang menyangka bahwa program penghijauan bukanlah suatu amalan yang mendapatkan pahala di sisi Allah, sehingga di antara mereka yang bermalas-malasan mendukung program tersebut. Demi menepis persangkaan yang salah ini, kali ini saya akan mengulas pentingnya penghijauan menurut tuntunan Nabi Saw. Beserta dalilnya.
Rasulullah Saw. Bersabda: “ Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah ( yang mengalir pahalanya), ilmu yang di manfaatkan, dan anak shaleh yang mendo’akan kebaikan baginya.”
Penghijauan atau reboisasi merupakan amalan shaleh yang mengandung banyak manfaat bagi manusia di dunia dan untuk membantu kebaikan akhirat manusia. Tanaman dan pohon yang di tanam oleh seorang muslim memiliki banyak manfaat,sepeti pohon itu bisa menjadi perlindungan bagi manusia dan hewan yang lewat, buah dan daunnya terkadang bisa dimakan, batangnya bisa dibuat menjadi berbagai macam peralatan, akarnya bisa mencegah terjadinya erosi dan banjir, daunnya bisa menyejukkan pandangan bagi orang yang melihatnya, dan pohon juga bisa menjadi pelindung dari tiupan angin , membantu kesehatan lingkungan dalam mengurangi polusi udara, dan masih banyak lagi manfaat tanaman dan pohon yang tidak sempat kita sebutkan di kembaran sempit ini.
Sebenarnya Reboisasi adalah rasa kepedulian kita terhadap alam, alam Indonesia yang seluas dan sebesar ini apabila tidak di rawat, di jaga, dan di manfaatkan sebaik-baiknya maka suatu saat akan mengalami kerusakan dan banyak permasalahan terhadap alam ini. Sebagai generasi muda ataupun generasi penerus bangsa, kita harus dan wajib menjaga dan melestarikan alam ya g menjadi kehidupan dan nafas kita ini.
Bagaimana cara kita membenahi dan memperbaiki alam kita yang rusak ini? Salah satunya adalah dengan cara Reboisasi atau penanaman kembali. Yang bertujuan untuk memulihkan dan meningkatkan kembali produktifitas kawasan hutan yang kondisinya rusak, gundul dan kritis serta tidak produktif, yaitu dengan cara menanam pohon-pohon agar dapat berfungsi secara optimal sebagai salah satu unsur yang menyimpan banyak air serta sebagai perlindungan terhadap alam lingkungan yang ada di Negara kita.
Ayoo.. generasi bangsa tingkatkan rasa kepedulianmu terhadap tanah air kita ini. Dengan menciptakan Reboisasi yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan  menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pamanasan global dengan menyerap karbondioksida dari udara, serta dimanfaatkan hasil hutannya untuk kepentingan yang sebaik-baiknya.
Banyak manfaat dari Reboisasi yang dapat kita ambil, yaitu di antaranya dengan reboisasi kita dapat mengurangi Global Warming, mencegah terjadinya Tanah longsor, mencegah terjadinya Banjir, menjaga keseimbangan alam, mencegah terjadinya kerusakan hutan, dan yang paling penting adalah untuk memulihkan kembali fungsi lahan atau hutan yang rusak.
Ingat generasi muda tidak ada satupun hal yang tidak dapat kita lakukan tanpa kita mau berusaha untuk melakukannya, jaga dan rawatlah bumi pertiwi kita sebaik-baiknya. Jangan sampai ada pemberontak,perusuh, bahkan orang-orang asing yang datang untuk merusak dan menguasai alam Indonesia kita ini. Tetap semangat dan bersatulah untuk membentuk Indonesia yang Asri dan lestari.

http://tasyakirana6.blogspot.com/2013/08/pentingnya-reboisasi-bagi-kesehatan.html

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.